Saturday, June 18, 2005
Antara Diriku dan Diet

Gara2 si 'I LOVE YOU' ini (huahaha, nama loe jd asik gini ya nek ;p) ngebahas soal kelebihan berat, jd pengen crita soal diet. Diet...one thing that mostly girls ever do it. Hmm...knapa ya, diet itu lekat dgn cewek walopun gak sdikit jg cowok yg bdiet.

Niweys, yg gw pengen critain disini tuh ttg gw 'n diet itu. Gw tuh sejak mulai menstruasi sampe hari gini gak pernah langsing. Gak tau krn emang gwnya doyan makan atow prubahan hormon tuh ada pengaruhnya jg. Yg jelas...even I've never been slim, I never felt bothered to make diet. Berat gw pernah turun banyak pas lg tugas akhir kuliah. Bukan krn diet tp gara2 kejar target wisuda April 98, jd bener2 konsen sama tugas 'n suka lupa makan. Ditambah pula saat ngerjain tugas akhir itu, gw sempet kena diare yg parah bgt...ke blakang tiap 5 menit, gmana gak parah coba. Wkt itu berat gw turun sampe 7 kilo dlm 2 bln huhuhuuuu (antara seneng 'n gak jg hehe).

Cuman berat sgitu btahan sbentar aja. Pas gw dah kerja, ya naek lg...lbh banyak malah naeknya huahaha. Sampe pas gw mo' merit baru gw diet...biar kliatan cantik pas hari H =p. Wkt itu gw diet rendah karbohidrat plus olahraganya BL (Body Language). Ditambah gw mkonsumsi pil pelangsing. Gak banyak jg gw turunnya, 4 kilo dlm sebulan. 'N berat gw balik lg stelah nikah.

Slama bbrp waktu stelah gw nikah, berat gw gtu2 aja...gak turun 'n gak naek jg. Tp trus krn lama gw 'n hubby usaha utk punya anak, jd gw kepikir utk diet. Selain krn baca2 di int'net klo obesitas itu salah satu faktor penghambat kehamilan, jg krn gw gak pengen pas mulai hamil berat gw over. So, bdietlah gw.

Diet gw tetep spt sblmnya, rendah karbohidrat...krn emang gw ngerasanya ini yg cocok utk gw. Ditambah kali ini dgn rendah kalori jg...1000-1200 kalori. Jd gw cuman makan nasi/pasta/roti/kentang 2-3x sminggu. Sumber karbohidrat gw dihari2 yg lain cuman dr buah2an. Gw jg ngebatasin asupan gula 2 sdt per hari. Trus gw brusaha banyak olah raga...paling enggak 5-6x seminggu, antara lain jalan cepet, jogging, sepedahan 'n di rumah BL sama make' total gym gtu. Gw jg minum slimming tea, 2-3x sehari...just to help my metabolism, reducing water retention. 'N yg paling penting buwat gw, minum air putih 1.5-2L setiap hari.

Dgn diet diatas, gw bhasil turun 15 kilo dlm jangka waktu kira2 6 bln. Cuman 6 bln itu gw gak terus2an diet. Jd stelah turun 7 kilo dlm waktu 1.5 bln, gw istirahat slama 1 bln gak diet. Maksud gw disini utk cheating badan gw 'n menstabilkan berat gw. Krn klo diet terus2an tuh suka ada satu saat dimana berat stagnan gtu. Truuuss, gw ulangin lg sampe pas gw dah turun 15 kilo itu taunya gw hamil...jd brenti deh dietnya (gak boleh diterusin sama hubby =( ).

Gtu deh, crita soal gw 'n diet. Intinya sih kita bisa nurunin berat badan atow ngejaga berat kita klo kebiasaan makan kita bener. 'N diet tuh seharusnya ngerubah kebiasaan makan mjadi kebiasaan makan yg sehat. Gak ngemil, brenti makan 3 jam sblm tidur, paling bagus makan sering dgn porsi kecil (tp bkn ngemil...makan 5x dgn porsi kecil lbh bagus drpd mkn 3x dgn porsi raksasa hahaha) 'n jgn lupa minum air putih yg banyak (minimal 1.5L per hari). Samaaa...olah raga (pasti ini yg berat yaaa =D).

Trus skaraaaang...gw hrs mulai diet lageeee hehehe. Anybody wants to accompany? =p


9 Comments:

At 6:32 AM, Blogger only if . . . said...

Gak ah.. gak mau diet :P

Gue barusan cerita turun 1.5 kg.. sekrg dah naik 1 kg lagi hahaha. Gara-gara turun kemaren tuh gue makannya gak berhenti. dalam sehari dah naek lagi... LOL. Gpp lah. Gua blm ngerasa berat-berat banget juga.

Elo mo diet? mo bikin adeknya Youssouf neeehhh hihiihi...

Emang yang penting pola makannya kita bener aja.

 
At 8:01 AM, Anonymous Anonymous said...

I love you too...Ikuttt...hihi..pengen turun lagi sekitar 5 kiloan neeh...biar mematahkan pameo : yang sekolah di eropa pasti pulang gendut!..hehe supaya sehat dong..bener utamanya mah asupan makanan!! kerasa banget

 
At 10:56 AM, Anonymous Anonymous said...

Oh BB. kenapa susah betul nuruinnya. setelah nikah beratku malah menggila. Fiuuuhhh

 
At 1:42 PM, Blogger Patricia Astrid said...

Yg makan 3 jam sebelum tidur emang bener, gua aja takjub waktu seminggu praktekin begitu ukuran pinggul langsung turun 5 cm seminggu, kerasa enteng banget. Sebenernya seumuran gini masih gampang turun, kata nyokap gua kalo udah menopause makanan nggak ada masuk tapi bodi tetap gede ....

 
At 4:17 PM, Blogger KhRIY said...

MOZZAS: iya lah, ngapain elo diet2...wong dah langsing gtu lho.

bikin adeknya youssof...hmmm, ntar2 aja kaleeee =D

OPHI: c'mon phi, let's do it...ayoooo berdieeet!! LOL

BRIL: hai...thx for stopping by =). BB naik stlh nikah tuh biasa...kan seneng, makmur, gemah ripah loh jinawi, hiahiahia

PATRICIA: masa' sih pat, seumuran gini msh gampang turun? kok gw gak gampang yaaaa =(

 
At 10:09 PM, Anonymous Anonymous said...

ri, sori baru mampir lagih nih. gue mah bkn mo diet tp mo ngecilin perut, biar kecil begene itu perut kayak org hamdun aje!hihi.krn udh c sect 2 kali kali yeee...iya gue inget waktu lo turun drastis jaman kuli..hihii..mana rambutnya potong baru lagi..

 
At 8:55 AM, Anonymous Anonymous said...

Hai Ria, ....gimana nih dietnya, dulu sih aku sempet berhasil diet, tapi skrg udah agak naik lagi, gak papa deh lagi capek, kalo ngurangin makan takut lemes...hehe alasan tuh. Aku dukung dietnya ya...semangat terus bu, semoga berhasil!

 
At 2:41 PM, Blogger KhRIY said...

MIUCH: makasih dah mampir jeng hehehe. soal perut, jgn mkn nasi geura...cpt itu susutnya =p. aduh, kecentilan pisan gw ya...bgitu langsing lgsg potong rambut LOL

ARI: hihihi...tnyta klo mo' diet tuh yg sulit justru mulainya, Ri. jd blm klitn hslny ini =p

NINIT: gak ngilang kok Nit, cuman klamaan males hahaha. dikau mo' diet apalagi toh neng...dah langsing gtu lho hehe..

 
At 9:26 AM, Anonymous Anonymous said...

sok atuh ditemenin diet :D
pengen nurunin 5 kiloooo aja susah banget nih :P

Intan
La Maman

 

Post a Comment

<< Home