Friday, October 21, 2005
Lagi...Makanan Khas Mesir
Yah, crita posting kali ini bakal ttg makanan lg nih...gpp yaaa =p. Soalnya lg kepengen mkn yg lain dr masakan sendiri...bosyen hihihi. Kbetulan jg bpk ini nanya2 soal kabab gtu, skalian aja deh. Cuman foto2nya emang bkn hasil jepretan sendiri (browsing di google-red). Abis jiwanya lbh jiwa food maniac (baca: rakus) drpd jiwa fotografer =D.

Kali ini makanannya bkn makanan yg biasa dimasak di rmh2. Soalnya agak sdikit repot klo masak di rmh...perlu peralatan ekstra. 'N peralatan ekstra tsb agak gak sesuai dgn tempat tinggal org2 disini yg sebagian besar berbentuk apartemen (model rmh ky di Indonesia walopun yg sederhana, kebanyakan yg punya klo gak para ekspat ya para aristokrat alias org2 berduit byk =D). So, makanan ky gini biasanya bisa dinikmati diluar rmh atow dgn layanan pesan-antar.

Kabab...pasti dah sering denger donk. Cuman penyebutannya disini kabab, bkn kebab. Kabab ini adl. potongan daging yg dibakar diatas arang. Dagingnya bisa daging kambing atow daging sapi...kdg daging ayam jg bisa, tp namanya jd Shish Tawook. Bentuk kabab ini ky sate, cuman potongannya lbh besar2...hampir 5x ukuran potongan daging utk sate. Cara ngebakarnya jg ky sate, ditusuk2 gtu...tp tusukannya bkn bambu, mlainkan metal. 'N krn tusukannya sgede2 tiang jemuran (sori hiperbol =D) 'n so pasti berat, jd disajiinnya gak pake tusuknya.

Kabab (atas) 'n Kofta (bawah)

Nah, klo di resto2 gtu...kabab ini temennya kofta. Dlm menu di resto2 gtu, pasti aja pasangannya kabab 'n kofta. Kofta itu daging cincang yg dibentuk ky sosis 'n dibakar diatas arang jg ky kabab. Dibentuk ky sosisnya jg pake tusukannya kabab. Jd daging cincangnya ditempelin keliling tusukan metal itu. 'Ntar disajiinnya jg dilepasin dr tusuknya.


Satu lg jenis makanan yg hampir pasti gak pernah dibikin di rmh2 tuh, Shawerma...yaitu daging atow ayam yg diiris tipis2, ditumpuk di alat pemutar utk dibakar. Kynya lbh jelas klo ngejelasin dr foto deh. Jd 'ntar tuh bagian pinggir tumpukan irisan daging itu diiris lg tipis2. Ngiris dagingnya tuh biasanya bagian bawah dulu...jd bentuk daging yg msh diatas alat pd akhirnya smakin berbentuk krucut (jgn tanya knp...gak tau gw hehehe). Trus irisan dagingnya dimasak lg sbentar dibagian dasar pemutar dgn dicampur irisan bawang bombay 'n tomat. Biasanya shawerma ini dimakan dlm bentuk sandwich...dgn irisan selada 'n saus tahina. Gw pernah nyoba bikin shawerma di rmh...pake irisan daging dr paket makanan siap masak (ada yg khusus utk shawerma). Tp jdnya gak enak...krn emang seninya shawerma itu ya cara ngebakarnya yg muter gtu. Btw, hubby gw suka ngeledekin gw..."klo kamu makin bulet aja, 'ntar gw beliin panggangan shawerma biar cepet langsing"...hiahiahia, laki gw sadis bgt yeee =D

Oke deeeh...cukup gak crita makanannya? hehehe. O iya, ttg rasa makanan Mesir yg sering ditanya temen2, apakah rasanya ky kari atow ada manis2nya atow so spicy...jawabannya enggak. Rasa masakan Mesir gak ky kari...jauh malah dr kari. Mrk gak kenal santen jg. 'N masakannya gak manis jg ky kue2nya...gak ada malah masakan Mesir yg manis. Acarnya jg gak manis, asin-pedes-asem gtu. Pun gak tlalu spicy. Masakan Mesir, kebanyakan (gw bisa bilang hampir smua malah) bsaus tomat. Bumbu2nya justru gak ribet ky masakan Indonesia. Mostly pake jintan (cumin) 'n mix spices aka poharat bhs sininya. Kdg (jarang bgt) pake pala (nutmeg), ketumbar atow klo rebus2an suka dipakein cardamom (eh, bhs Indonesianya cardamom apa ya...payah gini gw =p).

Ya gtu deh...smoga gambaran gw ttg makanan Mesir cukup jelas. Asal jgn sampe pd ngeces aja smua hehehe. Jgn lupa klo jln2 ke Mesir...cobain tuh kabab, kofta 'n shawerma. Yummm...

16 Comments:

At 10:36 PM, Blogger only if . . . said...

wah, siipp.. ntar gw sering2 ditrakhir yak :P

 
At 3:38 AM, Blogger Lia said...

Ngeces sama kabab ane mah...hoyooonggg meni buadag pisaann. Jadi menurutmu enakan masakan Indo apa Mesir nih? setelah beberapa lama disana?

 
At 8:19 AM, Blogger Enda Nasution said...

wah tuh kan selama ini gue kira yg shawerma itu yg namanya kebab hmmm lapaaaaarrrr

 
At 7:51 PM, Blogger Ophi Nurwicaksono said...

Ri...itu shawerma mah di sini disebutna doner..jadi kalo kebab mah beda deui

begituh

eta cumin nu smelly ket tea nya? hihii

 
At 3:16 AM, Anonymous Anonymous said...

shawerma gua pernah makan nih, yang sapi, enakkkk..... gag tau ya rasanya sama dengan yang mesir atow dah disesuaikan sama lidah Indo :d

 
At 2:11 PM, Anonymous Anonymous said...

iihhhhh knp ini teh..
jalan-jalan ke rmhnya teh inong, disuguhan mie ayam jeung pisang keju.. Mampir kesini, disuguhan kabab sama shawerma!??! hehuehe ga bosen2 gituh ya kalo bicara soal makanan teh.. hihi
tapi saya mah kebetulan ga seneng sama kebab dan shawerma itu. sate ayam aja lah sate ayam saya mah! hihi..

 
At 4:23 AM, Blogger Inayah said...

Dear Ria, itu mah makanan faforitku, disini kita suka makan ke Ali Baba, udah ngetop kofta sama kebabnya.
Waktu aku hail pertama, kebab jadi makanan wajibku setiap hari. Makanya naik 22 Kg...gendut abis!
Hasilnya? anak-anak jadi doyan juga...ketularan kali ya?

 
At 9:40 AM, Anonymous Anonymous said...

Sama kaya di spore rumah2 penduduknya 80% menjulang keatas cuma kalangan beruang eh..berduit yg punya rumah sprt di Indo..

Duuh..jadi ngiler nich apalagi belum pernah ngerasain makan kofta dkk...hiks...

 
At 11:09 PM, Anonymous Anonymous said...

ri, itu swarma namanya disini gyro kayaknya. emang enak bngt euy..apalagi tahini sauce-nya (kalo elo tahina yah..hehe). weleh gue kok jd pgng beli nih gara2 liat blog elo. tanggung jawab!

 
At 1:29 PM, Blogger Patricia Astrid said...

Lha di sini orang turki bilang shawerma itu kebab. Gua juga demen tuh, meski bawangnya suka rada2 overdosis di sini hehe. Pernah 3 hari berturut2 makan kebab doang, muka gue jadi bengkak2 kayak digigit tawon, abis itu kapok deh overdosis lagi.

 
At 7:12 PM, Blogger Nia said...

Ri, mau dong di sawer ke sini Shawerma nya hehehe ... enak pisan kyk nya. ngeces tetap, lapar jadi na ( padahal ga' puasa nih ... ) XD

 
At 7:32 AM, Blogger munky & yoga said...

berarti kalo di indo..doner kebab..nah loh..kabab-kabab atuh..*bingung*
soalnya kebab disini ya shawerma ituh.. ah bingung..pokokna mah kabita nih..

 
At 2:47 AM, Anonymous Anonymous said...

*nyuri2 ngenet*

gue pertama makan makanan Timur Tengah justru di Jerman. shawerma itu, kek di bilang Patsy & Ophi, namanya doenner kebab. gw suka sih, dimasukin ke roti yg bulet dan tengahnya bolong dan dibelah dua itu, apa ya namanya. gue sih selalu pesen, "ohne Zwiebeln" alias tanpa bawang, secara gw benci bawang. trus sayur2nya red cabbage ama tomat doang. yang paling "nendang" ya sausnya sih, dari yoghurt plus bawang putih plus seledri, ditaburin bubuk cabe. hmm...

iya kayaknya makanan Timur Tengah banyakan bersaus tomat gitu ya. ada lagi yg gue suka, tapi gue ga tau di Mesir ada atau nggak.. ituh.. daun anggur diisi nasi berbumbu, digulun g macam lumpia kecil dan dikukus. hummm..

trus kayaknya cardamom itu kapulaga deh, klo ga salah loooh.. :D

 
At 2:46 PM, Blogger BundaZidan&Syifa said...

apalah arti sebuah nama, yang penting enaaaaaaak :)

 
At 1:30 PM, Anonymous Anonymous said...

naaaah, baru tau dah gw..

di sini tuh ye, yang namanya shawerma brubah jadi kabab... dan itu gw demeeeeen banged, palagi yang isinya lamb.. wuiiih sedapnyaaaaaaaa... rasanya mirip ama kambing guling.. :D *glugh*

 
At 11:00 AM, Anonymous Anonymous said...

alo ria dan keluarga..salam kenal yaa..waduh..ternyata nama2 makanan timur tengah pada mirip dg turki yaa..kalo di sini..shawerma, spt yang yanti bilang, dibilangnya doenner kebab (ini yg pake roti), trus kalo yang gulung kaya di foto, malah dibilangnya yufka..trus kalo di sana dibilang kofta..di sini dibilang kofte..waduhh..jadi pengen makan juga :)...sekalilagi salam kenal ya..ied mubarok juga buat ria sekeluarga..

*)Iin

 

Post a Comment

<< Home