Thursday, September 22, 2005
Tajamnya Lidah


quote:
"Jarum jatuh berbunyi meriam, berita sekata bisa jadi sedepa. Setajam itukah lidah mengasah kata? Tidak ada orang yang tangkas memuji kebaikan, tapi dengan cerdas membumbui keburukan orang lain. Kata sepatah ditangkal menjadi selaksa kata!"

Kata2 itu gw baca di salah satu cerita bersambung (cerbung) femina-online (thx to you, my friend =D). 'N klo gw pikir2, ada benernya jg kata2 itu. Jarang (bkn brarti gak ada) bgt ada org yg bisa ngeluarin kata2 'tajam' utk muji atow nyeritain kebaikan org lain. Tp klo utk ngata2in atow nyeritain keburukan org lain, spertinya lidah pun jd setajam mata pisau.

Gw gak munafik utk bilang klo gw gak pernah ngomongin keburukan org (astaghfirullah, pls forgive me God). Cuman entah knp ada rasa gak nyaman pd saat atow sesudah gw ngeluarin kata2 utk ngata2in yg gak enak ttg org. Kdg bahkan gw sangat mikirn utk make kata2 yg halus (duh gw ini, bknnya skalian brenti ngata2in atow ngomentarin aja gtu ya =p). Paling gak gw brusaha bgt gak 'menajamkan' lidah gw utk ngatain org. Gw cuman ngebayangin gmana klo gw yg 'ditusuk' dgn kata2 tajam itu...pasti gak enak. Walopun gwnya mungkin gak denger ya...tp tetep aja ngebayanginnya gak enak.

Mknya jg, gw suka gak enak hati klo denger org ngomongin atow ngomentarin org lain dgn kata2 yg membabi buta (btw, ini istilah dr mana ya 'membabi buta'...emang babi buta gtu? *lemot mode on*). Rasanya kok yg jd subjek pembicaraan itu gw...hiahiahia, ini sih ge-er ya judulnya LOL. Eh, gw nulis gini bkn brarti lg ngadepin masalah ky gini lho. Cuman pengen sharing aja kata2 bgs yg bisa utk introspeksi diri.

Ya sutralah, kynya gw msh hrs blajar byl...utk lbh mengasah kata2 dlm muji org drpd ngata2in ttg kejelekannya. Lumayan jg, tnyata baca2 fiksi tuh gak slalu tanpa manfaat (well, at least some people say so =D). Trutama fiksinya dlm bhs Indonesia, yg bikin gw relax bacanya...abis klo terus2an baca yg pake bhs Inggris, cape jg tnyata (apalagi yg pake bhs Arab, huaaa...kdg cuman bisa bacanya tp gak ngerti hehehe).

ps. gambar utk postingannya serem bgt ya LOL

11 Comments:

At 8:47 PM, Blogger Patricia Astrid said...

Wah bagus Ri dikau udah mikirin arti kata sama orang. Kalau gua nih masih suka kelepasan, memang paling gampang tuh nemuin yang salah/buruk daripada mencari yang baik. Thanks for the posting Bu!

 
At 9:10 PM, Blogger Ophi Nurwicaksono said...

ihhh bener....tajam sekali itu lidah2... disini gue jadi ngga pernah berkata tajam nih...(soalnya mau marah harus mikir dulu bahasanya hihihi)

ihh jd serem yah inget di neraka akan banyak wanita huaaaaaaaa

 
At 11:17 PM, Anonymous Anonymous said...

bagus sekali quotenya, setuju..

mengatangatain kesalahan/kekeliruan orang lain, padahal jangan2 kita sendiri yang keliruuu ihhh pan maluuuu.. mana udah bikin tersinggung orang lagi ya...

*Ri, makasih advicenya di YM :d

 
At 11:40 PM, Blogger Inayah said...

Dimana-mana kita musti hati-hati ya, tapi kalau ada bule yg kurang ajar, kepaksa juga nih lidahku gak bisa direm...ga apa-apa kali ya?
Ceritanya, pas di zebra cross, aku udah ditengah-tengah, itu mobil ngebut, dia kaget karena ternyata ada orang lagi nyebrang, terus dia bilang Bloody Muslim...aku bales dong...wong dia yang salah....reflek lidahku langsung ngomong yang aneh juga...

 
At 4:43 AM, Anonymous Anonymous said...

Anggota badan yg plng susah dijaga menurutku memang lidah dan mata, lidah sering kali menyakiti hati orang lain dan mata acapkali menjerumuskan diri. Semoga kita masih punya hati untuk mengendalikan yang dua ini terutama lidah kita ya....

 
At 5:07 PM, Anonymous Anonymous said...

Jadi malu...Nuhun pisan diingatkan.
Tapi Kadangkala saya teh tidak bermaksud ngomongin orang, cerita hanya buat sharing atau mencari "pembenaran" etc, tapi teuteup we nya da ngomongin. Hanya mungkin tidak setajam pisaumu digambar itu hihi. Insya Alloh da mungkin kita teh tidak pernah berniat menyakiti nya?. Disini Alhamdulillah semua itu terjaga, karena orang idup masing2 we.

 
At 9:08 PM, Blogger si inot said...

ri, ntar ajarin yach ngedisen leot.. kl males pesen boleh gak.. hihihi..iya ri, dulu aku anak baek2 sebelum pindah ke londo. setelah banyak dikerjain londo ampir 7 tahun, aku lama2 ndak kuat mingkem ri. taunya aku galak banget dan suka bales omongan orang yang kasar disini. hebat ri, orang jadi tahu diri kl aku bales keras ke mereka. tp kl omongin orang yang pernah nyakitin hati dan org itu jahat sama semua orang, aku suka gak tahan ya ri.. jadi kl kita diem, wong kuwi malah tambah kurang ajar. jadi kudu dikasih pelajaran. hih ! si inot emang penaik darah ! pengennya ngehajar orang jahat.. duh ampuuuun euy....

 
At 3:42 AM, Anonymous Anonymous said...

hehe.. makasih postnya Ria. gw juga suka 'tajem' loh, meskipun ga langsung, tapi dgn penuh 'sindiran manis' dan 'tatapan mesra' :D

 
At 6:24 PM, Blogger only if . . . said...

Gue kalo ngomong ato komentarin org cenderung diperhalus..hihi..
sama spt elo, gue suka gak enak denger org yg kalo komentar suka kasar & kalo habis ngomongin org dgn kata2 yg gmn gitu? (misalnya pas sebel, krn gue jarang lhooo ngomongin org, hehe... *masak sih, Ka?*)

But anyway, when people are saying things bad about others and using inappropriate words, they are actually demeaning their own values. So, better not to do that. Karena kata2 yg buruk justru mencerminkan diri kita sendiri.

 
At 11:51 AM, Anonymous Anonymous said...

aduuhhh.. jadi inget tadi pagi nihh waktu conference sama ibu2 wsab. hihihihi.. itu mah bukan tajamnya lidah kali ya, tapi jahatnya jari tahh! Huehehe

astaghfirullah..
emang suka ga sadar ya kalo ngebahas kejelekan org lain teh. ga niat ngomongin, tapi tiba2 jadi pjg. weekkksss.. huehehe
yg pasti mah, makin nambah umur hrs makin pilih2 temen jg kali ya. :)

 
At 1:14 PM, Blogger loucee said...

gue sih percaya karma, ri...
"what comes around goes around..."

hati-hati yaa.... ;)

 

Post a Comment

<< Home