Tuesday, July 19, 2005
Bacaan Masa Kecil 'n Book Baton
Gw dr kecil seneng bgt baca buku cerita. Koleksi buku cerita gw cukup byk, krn gw saat itu (gw msh sd deh kynya) bercita2 bikin perpustakaan kecil gtu. Sayangnya...dikarenakan kerjaan bokap yg mengharuskan qta pindah dr satu kota ke kota lain atow bahkan ke pulau lain, jdnya buku2 gw itu kudu dihibahkan ke org =(. Koleksi gw gak cuman buku aja, tp jg majalah 'n komik. O iya, gw tuh gak slalu beli utk bisa baca buku. Gw sering pergi ke perpustakaan deket rmh utk pinjem. Kdg ke perpustakaannya bisa tiap hari saking buku yg gw pinjem bisa abis dibaca dlm semalam (pdhal skali minjem 3-4 buku gtu =D).


Buku favorit gw, mungkin jg spt kbanyakan anak2 Indonesia angkatan gw (angk. brp hayoo? =P)...yaitu buku2 karangannya Enid Blyton (EB). Gak tau ya, apa anak2 skarang jg msh seneng baca buku2 karangannya EB ini. 'N dr sekian byk buku2 karangannya EB, yg gw pernah baca tuh:

Seri Lima Sekawan (LS) atow yg judul aslinya The Famous Five, yg dikarang ptama kali pd thn 1942. Critanya, pasti tau donk...ttg petualangan 4 remaja Inggris (Julian, Dick, Anne 'n George) ditambah 1 ekor anjing (Timmy). Klo baca petualangan 5 sekawan ini, gw ngebayanginnya...duuh, asik bgt deh berlibur ky mrk gtu. Naik speda...bawa bekel roti, telur, apel, limun jahe, dll...tidur di tempat tbuka...nemu sumber air dgn ceruk2 yg bisa utk nyimpen makanan. Huaaa...pokoknya kebayangnya asik aja klo bisa liburan ky gtu. LS ini pernah dibikin serial TVnya 'n sempet jg diputer di TVRI.

Seri Malory Towers (MT), yg dikarang pd thn 1946. Klo yg ini bkn tentang petualangan, tp ttg skolah cewek berasrama. Buku ini nyeritain ttg Darell 'n temen2nya yg bsekolah di Malory Towers. Gara2 baca buku ini, gw jd kepengen bgt skolah di skolah berasrama. Gmana tinggal disitu sgala sesuatu dikerjain bareng temen2. Dr tidur bareng...mkn bareng...blajar bareng...brenang...main laccrose...bikin acara tengah semester...dll, dsb. Asik kan tuuuh...

Seri St.Clare's (SC), yg buku ptamanya dikarang EB pd thn 1941. Ini jg buku ttg skolah berasrama utk cewek. Bedanya dgn MT, tokoh utamanya disini adalah Si Kembar O'Sullivan (Pat 'n Isabel) yg awalnya gak seneng dikirim utk skolah di SC. Trus jg, klo di MT olahraganya renang 'n laccrose...di SC tenis 'n hoki. Tp tetep sama ky baca MT, baca buku ini bikin gw pengen bgt bisa skolah di skolah berasrama hihihi.

Seri Pasukan Mau Tau (PMT) atow yg judul aslinya tuh serial The Mistery, yg ptama dikarang pd thn 1943. Buku ini critanya ttg 5 org anak (gw ingetnya cuman Fatty, Pin 'n Bets...2 lg siapa ya namanya?) yg brusaha mecahin misteri yg tjadi di kota tempat mrk tinggal. Mrk ini dimusuhin sama polisi yg namanya Pak Goon, krn mrk slalu aja lbh duluan drpd Pak Goon ini dlm mecahin misteri. Klo dr critanya, PMT ini sdikit lbh canggih drpd LS...soalnya udah pake' acara nyamar2, buka pintu pas kekunci dlm ruangan, nulis pake' tinta yg gak kliatan...gtu2 deh.

Seri Si Badung (SB), dikarang oleh EB pd thn 1940. Satu lg crita ttg skolah berasrama. Cuman kali ini skolahnya campur, utk cewek-cowok. 'N inti critanya disini lbh ttg Si Gadis Badung Elizabeth Allen drpd ttg skolahnya. Nyeritain ttg gmana si anak tunggal yg manja bernama Elizabeth Allen bikin ulah di skolahnya spy dikirim plg, krn dia gak mau bgt skolah disitu...yg pd akhirnya Si Badung ini justru jd jatuh cinta dgn skolahnya 'n jd salah satu murid tbaik disitu.

Seri Sirkus Pak Galliano, yg ptama kali dikarang pd thn 1938. Spt judulnya, buku ini nyeritain ttg kehidupan di sirkus. Kehidupan seorang anak bernama Jimmy, yg ditawari oleh Pak Galliano utk tampil di ptunjukan sirkusnya krn kepintaran anjingnya yg bnama Lucky (bisa bhitung). Jimmy bsahabat dgn Lotta, gadis cilik yg pintar berakrobat diatas kuda. 'N...gara2 baca buku ini, gw jd pengen hidup di sirkus hahaha (celamitan bgt gak sih...sgala pengen LOL).

Selain dr seri2 diatas, gw jg pernah baca Seri Sapta Siaga (The Secret Seven), Seri Petualangan (The Adventure), Seri Rahasia (The Secret), Seri Empat Petualang (The Adventurous Four) 'n Noddy. Cuman krn gw gak baca lengkap serinya, jd gw gak tlalu inget critanya. Teruusss...gw jg baca serial karangan pengarang lain, spt Astrid Lindgren (Pippi si Kaus Kaki Panjang) 'n Bung Smas (Noni). Pengen jg nampilin disini utk nostalgia, tp ntar kali ya...biar gak kepanjangan. Soalnya gw jg kebagian book baton dr jeng ini =p.



BOOK BATON

*Total Number of Books Owned...Waduh, rada susah ini jwbnya, soalnya byk bgt tp gak pernah dilist. Apalagi pas pindah kesini gak bisa dibawa. Jadiii...jwbnya BANYAK boleh gak? =P

*The Last Book I Bought...Hihihi, ini pasti jawabannya sama ky anak2 di dunia deh...Harry Potter 6, The Half-Blood Prince *blush*. 'N I finished reading it within 36 hrs =D

*Book Reading Right Now...Hmm, gak ada sih. Blm mulai nerusin lg baca bukunya Naguib Mahfouz, Palace Walk, 'n The Pious Caliphs.

*Five Books That Mean A Lot Me...

  1. Buku2 karangannya Enid Blyton.
  2. Sybill...kisah nyata ttg gadis dgn 16 kepribadian.
  3. The Begining and The End by Naguib Mahfouz.
  4. Environmental Engineering by Peavy-Rowe-Tchobanoglous
  5. Buku Pintar jaman SD...hehehe

*Five People Who'll Become Next Victims...boleh distop aja gak? Abisnya victimsnya dah diborong gtu sama Jeng Ophi LOL

7 Comments:

At 1:25 AM, Anonymous Anonymous said...

waduh, rupanya kita seangkatan yah, hihihi.. soalna sama2 suka baca karya Enid Blyton terutama Limsek itu...

*Ria, Klayan mah tempat sayah maen, punya teman disitu. Ortu dulu kerja di pertamina yah? So'tau.com

 
At 6:57 AM, Anonymous Anonymous said...

very nice posting Ri. gw jadi nostalgia soal Lima Sekawan & Mallory Towers (favorit gw dua itu).

 
At 8:11 AM, Blogger Ophi Nurwicaksono said...

Riaaaa.....hiihi..daku juga ngefans tuh sama buku2mu..seangkatan euy..ketauan angkatan balai pustaka..dahhh

 
At 6:30 PM, Anonymous Anonymous said...

Aduh..seneng deh kalo ketemu sama fans berat buku juga. Aku tuh lebih baik beli buku daripada beli baju..hehe. Aa sering suka geleng2 kepala sama hobiku yg satu itu, soalnya menuh2in tempat banget..:)
Aku juga seneng sama semua judul2 itu, favoritku plus Trio Detektif. Aku pengen banget baca Harry Potter cuma beli yg edisi Inggrisnya mahal dan aku bakalan lama bacanya (maklum mesti buka2 kamus), pengen tahu dong ceritanya...hihi. Sekarang aku abis baca buku Jepang Klan Otori Across The Nightingale Floor, bagus deh. Aku lagi pesen buku lewat internet buku ttg penyihir juga Narcia...hehe anak2 banget ya. Buku2 favoritku skrg termasuk karanga Torey hayden yg ttg anak dg kelainan khusus, menyentuh banget. Sorry kalo kebanyakan komennya ya...

 
At 9:58 AM, Anonymous Anonymous said...

seangkatan juga *toss*
tp saya mah males beli seringnya nongkrong di toko buku dan baca disitu di depan tulisan *dilarang baca disini* hahaha
yg jaga toko sampai bilang *ni anak ga bisa baca tapi baca* :P

lagi lieur mo packing dan kirim brg nih Ria, udah bentar lagi...

intan

 
At 4:01 PM, Anonymous Anonymous said...

Ria,...ternyata gara2 kita seangkatan, buku2nya koq mirip2 ya...

 
At 8:22 PM, Blogger KhRIY said...

DEASY: waah, kynya seru ya bukunya. dibahas aja di blog ntar say =)

RORO: iya yah...angkatan Balai Pustaka ini LOL

YANTI: emang niatnya bnostalgila ini Yan, hehehe...

OPHI: gw jg ngefans sama elo Phi...eh, salah ya =P

ARI: tp buku tuh emang mahal deh Ri, sedih ya =(. aku dah cek buku2 Torey Hayden di int'net...gak tlalu mahal jg tnyata. ntar ah ngerayu hubby dulu =p

INTAN: hahaha...Intan, kocak bgt sih. bacanya justru di dpn tanda dilarang baca. ky parkir persis dibawah plang dilarang parkir ya hihihi...

ANGKI: hi Q, mampir jg akhirnya =D. bkn mirip lg deh kynya...sama pasti hehe..

 

Post a Comment

<< Home